Perkembangan Bayi 7 Bulan: Motorik, Bahasa, Sosial dan Fisiknya

Apa yang bisa dilakukan bayi usia 7 bulan? Pada usia ini, anak Anda sudah mulai mengembangkan kemampuan motorik seperti merangkak dan duduk.
Admin

 

Capaian Perkembangan Bayi 7 Bulan: Motorik, Bahasa, Sosial dan Fisiknya

Sebagai orang tua dengan bayi, penting bagi Anda untuk memantau perkembangan anak Anda. Ini mencakup pola makan, kualitas nutrisi yang diberikan, kesehatan bayi secara keseluruhan, serta perkembangan motorik, kognitif, bahasa, dan sosial mereka.

Memonitor perkembangan bayi sangat penting untuk memastikan bahwa anak Anda tumbuh dan berkembang dengan baik. Namun, masih banyak orang tua yang belum mengetahui tonggak perkembangan yang harus dicapai anak pada usia tertentu.

Artikel ini bertujuan untuk membantu Anda dalam memantau perkembangan anak Anda dengan lebih efektif, dengan menjelaskan tonggak perkembangan bayi usia 7 bulan, mulai dari kesehatan umum hingga kemampuan motorik, kognitif, dan bahasa.

Perkembangan Bayi 7 Bulan

Apa yang bisa dilakukan bayi usia 7 bulan? Pada usia ini, anak Anda sudah mulai mengembangkan kemampuan motorik seperti merangkak dan duduk. Namun, perlu diingat bahwa perkembangan motorik setiap anak bisa berbeda. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat ulasan lengkapnya di bawah ini.

Perkembangan Motorik

Merangkak

Pada usia 7 bulan, anak Anda sudah mencapai tahap merangkak. Pola merangkak tidak harus bergerak maju dengan menumpu pada lutut dan tangan, tetapi bisa juga berupa gaya lain, termasuk berguling (rolling crawl), bergerak ke belakang atau menyamping seperti kepiting (crab crawl), bergerak dengan pantat (bottom scooter), perut menempel di lantai (commando crawl), menumpu pada tangan dan kaki, sementara lutut diluruskan seperti beruang (bear crawl).

Duduk Tanpa Pegangan

Pada umumnya, bayi usia 7 bulan sudah bisa duduk tanpa pegangan dan bermain dalam posisi duduk.

Memegang dan Mengambil Benda

Bayi usia 7 bulan dapat memegang dan mengambil benda dengan jari-jari mereka, dan mulai memindahkan benda dari satu tangan ke tangan yang lain. Kemampuan ini juga disebabkan oleh koordinasi mata dan tangan yang semakin baik.

Perkembangan Sosial

Mengenali Wajah Orang Tua

Bayi usia 7 bulan sudah dapat membedakan wajah orang asing dan orang-orang di sekitarnya seperti orang tua, pengasuh, dan keluarga.

Menunjukkan Emosi

Bayi usia 7 bulan juga mulai menunjukkan berbagai jenis emosi saat berinteraksi dengan orang di sekitarnya, seperti senang, sedih, marah, bosan, atau bahkan frustrasi. Mereka juga dapat menangis atau merengek untuk menarik perhatian dan ketika merasa tidak nyaman, misalnya saat popok basah atau kepanasan.

Memiliki Minat pada Sesuatu

Pada usia ini, anak Anda juga mulai menunjukkan minat pada benda-benda yang menarik perhatiannya seperti mainan, hewan peliharaan, selimut, atau benda-benda lain.

Perkembangan Bahasa

Membuat Suara dan Bunyi

Bayi usia 7 bulan mulai dapat membuat berbagai suara dan bunyi, seperti bubbling atau mengeluarkan suara seperti ‘ma’, ‘pa’, atau ‘ba’. Mereka juga mulai meniru suara yang didengarnya sehari-hari.

Memahami Arti Kata

Bayi usia 7 bulan mulai dapat memahami arti kata sederhana, seperti “mama” dan “papa”, dan intonasi suara yang digunakan orang dewasa. Mereka juga mulai menunjukkan respons ketika dipanggil dengan nama mereka.

Menggunakan Bahasa Tubuh

Pada usia 7 bulan, bayi belum dapat mengatakan kata-kata secara jelas dan terstruktur seperti “minum” atau “makan”. Namun, pada usia ini, anak Anda sudah dapat menunjukkan ketertarikan pada makanan dan minuman, serta mulai belajar menggunakan bahasa tubuh dan suara untuk berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya. Contohnya seperti mengangkat tangan ketika ingin digendong atau meminta benda yang diinginkan.

Perkembangan Fisik

Berat Tubuh

Median berat bayi laki-laki usia 7 bulan adalah sekitar 8,3 kg dengan rentang normal antara 6,7-10,3 kg. Sedangkan, median berat bayi perempuan usia 7 bulan adalah sekitar 7,6 kg dengan rentang normal antara 6-9,8 kg.

Panjang

Median panjang bayi laki-laki yang berusia 7 bulan adalah kira-kira 69,2 cm dengan rentang normal antara 64,8-73,5 cm. Sementara itu, median panjang bayi perempuan yang berusia 7 bulan adalah kira-kira 67,3 cm dengan rentang normal antara 62,7-71,9 cm.

Namun, penting untuk dipahami bahwa perkembangan berat dan panjang bayi dapat berbeda-beda antar bayi, tergantung pada faktor genetik, nutrisi, dan kesehatan mereka.

 

Foto: Designed by freepik

Sumber :

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/infant-development/art-20047086

https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/Pages/Crawling-Styles.aspx

https://www.who.int/tools/child-growth-standards/standards/

Posting Komentar

* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
  • A-
  • A+

Copyright © Centropedia All Rights Reserved.

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.