Manfaat PMK Bagi Bayi dan Cara Melakukannya

Perawatan Metode Kanguru (PMK) adalah metode perawatan yang dirancang khusus untuk bayi dengan berat lahir rendah
Admin
Manfaat PMK Bagi Bayi dan Cara Melakukannya

Apakah Ayah dan Bunda familiar dengan istilah PMK? PMK adalah singkatan dari Perawatan Metode Kanguru (PMK) atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Kangaroo Mother Care (KMC). Metode perawatan ini melibatkan kontak langsung antara kulit bayi dan orang tua, yang dimulai sejak bayi lahir.

Melalui PMK, bayi, khususnya bayi prematur atau dengan berat lahir rendah, akan mendapatkan kehangatan, perlindungan dari infeksi, stimulasi, keselamatan, dan kasih sayang yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Untuk memahami lebih lanjut, mari kita bahas secara detail tentang PMK!

Apa Itu PMK (Perawatan Metode Kanguru)? 

Perawatan Metode Kanguru (PMK) adalah metode perawatan yang dirancang khusus untuk bayi dengan berat lahir rendah (<2500 gram) dan bayi prematur.

Metode ini melibatkan kontak kulit-ke-kulit antara bayi dan ibu, dengan bayi diletakkan di dada ibu yang dibungkus dengan selimut. Tujuan utamanya adalah memberikan manfaat kesehatan dan pertumbuhan bagi bayi, serta meningkatkan partisipasi ibu dalam perawatan bayi.

Perawatan Metode Kanguru pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Rey dan Martinez di Kolombia pada tahun 1983. Saat itu, mereka menemukan bahwa banyak bayi prematur yang harus dirawat di inkubator karena kondisi yang tidak stabil, meskipun mereka telah mengatasi masalah awal dan hanya perlu makan dan tumbuh.

Dr. Rey dan Martinez kemudian mencoba mencari cara untuk memberikan perawatan yang lebih baik dan alami untuk bayi prematur tersebut. Mereka menemukan bahwa metode perawatan yang menempatkan bayi langsung di dada ibu (skin-to-skin) dapat memberikan suhu tubuh yang stabil dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Ini kemudian menjadi dasar dari PMK, dan sejak saat itu, PMK telah digunakan secara luas di seluruh dunia dan menjadi metode perawatan yang populer bagi bayi prematur dan dengan berat lahir rendah.

Setelah hampir dua dekade implementasi dan penelitian, PMK terbukti lebih dari sekadar alternatif perawatan inkubator. PMK secara efektif memberikan banyak manfaat lainnya untuk perkembangan bayi.

Manfaat PMK bagi Bayi 

PMK biasanya dilakukan untuk bayi baru lahir yang ditempatkan di dada ibu tanpa busana, dengan kepala bayi dimiringkan ke sisi kanan atau kiri. Metode ini bisa menjadi alternatif untuk inkubator dalam perawatan bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR).

Tidak hanya itu, metode perawatan ini juga merupakan bentuk inisiasi menyusui dini, di mana bayi dibiarkan mencari puting susu ibunya sendiri, yang dapat meningkatkan keberhasilan pemberian ASI.

Selain menjadi alternatif inkubator dan mendukung keberhasilan ASI Eksklusif, PMK juga memberikan banyak manfaat lainnya untuk si Kecil. Berikut adalah beberapa manfaat Perawatan Metode Kanguru (PMK) bagi bayi:

1.    Memberikan Kontak Kulit-ke-Kulit antara Bayi dan Orang Tua 

PMK dapat memberikan kehangatan pada bayi dengan suhu tubuh orang tua, yang berfungsi untuk mencegah hipotermia. Hal ini karena suhu tubuh orang tua dapat menjadi thermoregulator bagi bayi.

2.    Menurunkan Angka Kematian Bayi Baru Lahir 

Dengan PMK, orang tua dapat menurunkan angka kematian bayi baru lahir karena bayi dapat mendapatkan perawatan yang lebih intensif dan cepat.

3.    Memudahkan Pemberian ASI 

Perawatan kanguru ini juga dapat memudahkan pemberian ASI pada bayi, karena bayi dapat menyusu dengan mudah dan cepat. Hal ini juga dapat meningkatkan produksi ASI pada ibu.

4.    Memberikan Perlindungan dari Infeksi 

PMK memberikan perlindungan dari infeksi karena bayi berada dalam lingkungan yang lebih steril dan aman dibandingkan dengan lingkungan di luar ibu.

5.    Meningkatkan Ikatan Bayi dengan Orang Tua 

Metode skin-to-skin yang dilakukan pada PMK dapat membantu meningkatkan ikatan antara orang tua dan bayi dengan adanya kontak mata, sentuhan, dan kenyamanan dari ibu.

6.    Mengurangi Kejadian Infeksi, Penyakit Serius, Masalah Menyusui dan Ketidakpuasan Ibu 

Penerapan metode kanguru pada bayi ternyata juga dapat mengurangi kejadian infeksi, penyakit serius, hingga masalah menyusui dan ketidakpuasan ibu.

7.    Meningkatkan Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi 

Yang terakhir, namun tidak kalah penting, PMK dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bayi dengan memberikan perawatan yang lebih baik dan cepat, serta dapat meningkatkan kecerdasan emosional bayi.

Cara Melakukan PMK pada Bayi 

Setelah memahami apa itu PMK dan manfaatnya untuk bayi, kini saatnya Ayah dan Bunda mengetahui bagaimana cara melakukan PMK dengan benar.

Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan PMK:

·         Bayi dibiarkan telanjang (hanya memakai popok, kaos kaki, dan topi).

·         Pastikan posisi bayi tegak di atas dada Ayah atau Bunda dan ditopang dengan kain panjang atau pengikat lainnya.

·         Posisikan kepala bayi sedikit tengadah ke atas dan diarahkan ke sisi kanan atau kiri.

·         Metode perawatan kanguru ini dapat dilakukan sesering mungkin dan bergantian oleh Ayah, Bunda, atau pengasuh lainnya. Misalnya:

1.    Saat istirahat dengan posisi Bunda terlentang;

2.    Saat bersama Ayah di posisi duduk, setelah anak selesai menyusu dengan Bunda;

3.    Atau saat Bunda sedang melakukan aktivitas rumah tangga.

Demikianlah pembahasan tentang Perawatan Metode Kanguru (PMK) atau Kangaroo Mother Care (KMC), yaitu metode perawatan yang dikembangkan untuk bayi dengan berat lahir rendah dan bayi prematur.

Dengan melakukan PMK, bayi dapat mendapatkan kehangatan, perlindungan, stimulasi, dan kasih sayang yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. PMK juga menjadi alternatif dari perawatan inkubator dan mampu meningkatkan kesuksesan dalam pemberian ASI eksklusif.

Ingatlah untuk meminta dukungan dan pendampingan dari petugas kesehatan yang berpengalaman dalam melakukan PMK agar dapat dilakukan dengan tepat, ya Ayah dan Bunda!

Foto: www.pexels.com 

1. Buku KIA, Kemenkes 2020

2. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/perawatan-metode-kanguru-pmk-meningkatkan-pemberian-as

Posting Komentar

* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
  • A-
  • A+

Copyright © Centropedia All Rights Reserved.

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.