Bayi Cenderung Tidur Malam? Ajarkan Tidur Pulas Untuk Dukung Kecerdasannya

Jam tidur yang cukup sangat penting untuk mendukung perkembangan bayi.
Admin

 

Bayi Cenderung Tidur Malam? Ajarkan Tidur Pulas Untuk Dukung Kecerdasannya

Tahun-tahun awal dalam kehidupan bayi adalah momen krusial dalam perkembangan mereka. Untuk memaksimalkan pertumbuhan mereka, bayi membutuhkan tidak hanya nutrisi yang cukup tetapi juga tidur yang cukup.

Jam tidur yang cukup sangat penting untuk mendukung perkembangan bayi. Waktu yang dihabiskan bayi untuk tidur adalah waktu yang sangat penting bagi otak bayi untuk berkembang. Hal ini juga berhubungan dengan tingkat kecerdasan anak. Tubuh yang cukup beristirahat juga akan lebih aktif dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Berbeda dengan orang dewasa yang membutuhkan waktu tidur hingga 8 jam sehari, bayi membutuhkan tidur selama 12 jam hingga 15 jam setiap harinya. Namun, bayi juga dapat sering terbangun, terutama di malam hari. Mengatasi kebiasaan terbangun di malam hari dapat mencegah risiko penurunan konsentrasi pada anak dan masalah kesehatan lainnya.

Cara Membuat Bayi Tidur Lebih Nyenyak 

Bayi baru lahir belum mengetahui kapan dan berapa lama mereka harus tidur. Bayi perlu belajar untuk mengenali waktu tidur yang tepat. Di sinilah peran AyBund untuk membantu menerapkan pola tidur yang sehat. Berikut ini beberapa hal yang akan membantu bayi tidur lebih nyenyak:

1.    Kenali Penyebab Anak Terbangun 

Anak dapat terbangun di malam hari karena berbagai alasan. AyBund perlu mengenali penyebabnya agar bisa menerapkan solusi yang tepat. Beberapa alasan bayi terbangun di malam hari adalah lapar, kembung, dan juga alergi.

Meskipun bayi sudah mendapatkan ASI atau MPASI, teksturnya yang mudah dicerna membuat bayi mudah lapar beberapa jam setelah makan. Untuk mencegah anak yang mudah terbangun karena lapar, AyBund bisa menerapkan jadwal makan dan rutinitas yang teratur, juga porsi makan sesuai kebutuhan.

Kembung pada bayi dapat memicu anak terbangun di malam hari. Hal ini wajar terjadi karena sistem pencernaannya yang belum berfungsi sempurna. AyBund dapat merasakan perutnya yang agak keras dan tubuh yang menggeliat ke belakang sebagai pertanda kembung. Untuk meredakan kembung, cobalah untuk membuat bayi bersendawa setelah menyusui dan pijat bayi secara perlahan.

Alergi pada bayi juga menjadi penyebab anak mudah terbangun. Kondisi ini disebabkan oleh sistem imun yang masih lemah. Beberapa gejala alergi pada bayi dapat berupa kulit memerah, gatal, muntah, diare, atau bengkak. AyBund perlu menghindari penyebab alergi atau berkonsultasi ke dokter agar bayi dapat tidur lebih nyenyak.

2.    Terapkan Sleep Hygiene 

Sleep hygiene atau kebersihan tidur merupakan rutinitas tidur yang baik agar mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Bayi yang berusia 2 bulan sudah bisa diajarkan tidur secara teratur di jam yang telah ditentukan. Menerapkan sleep hygiene dapat menjadi salah satu cara agar bayi dapat tidur nyenyak pada jam-jam tertentu.

Beberapa langkah yang bisa AyBund lakukan dalam membiasakan sleep hygiene adalah:

·         Biasakan bayi tidur di jam dan tempat yang sama setiap harinya

·         Usahakan kamar tidur bayi hanya untuk istirahat dan tidak dipakai untuk kegiatan lain seperti bermain

·         Buat rutinitas sebelum tidur, seperti menggosok gigi, minum susu, atau membaca cerita

·         Kebiasaan tidur siang dan tidur malam harus dibuat dalam kondisi yang tenang, nyaman, serta terjadwal, baik jam tidur hingga waktu bangunnya

·         Hindari mengonsumsi makanan berat sebelum tidur

3.    Atur Rutinitas untuk Tidur yang Lebih Nyenyak 

Cara berikutnya agar bayi dapat tidur nyenyak adalah dengan membuat rutinitas harian yang baik, mulai dari durasi bermain hingga pola makan. Cara ini berguna agar bayi lebih mudah tertidur. Adapun kebiasaan yang bisa AyBund terapkan pada bayi adalah:

·         Cukupi waktu bermain aktif anak di luar rumah lebih 30 menit/hari

·         Beberapa jam sebelum jam tidurnya, ajak anak bermain untuk menghabiskan energi dan membuat tubuhnya lelah

·         Batasi konsumsi makanan atau minuman manis dan berkafein

·         Hindari paparan screen time dari gadget pada malam hari

4.    Konsistensi adalah Kunci 

Anak dapat menerapkan rutinitas tidur yang nyenyak dan teratur secara mandiri jika sudah dibiasakan secara konsisten. Di sinilah peran orang tua sangat penting untuk membantu anak melaksanakan rutinitas tersebut. Misalnya, saat menerapkan higiene tidur, pastikan anak selalu dibangunkan pada jam yang sama setiap harinya.

Sebagai contoh, jika anak harus bangun setiap jam 7 pagi, AyBund dapat membangunkan anak dengan membuka gorden, mengelus tubuh anak dengan lembut, dan memanggil namanya dengan suara lembut. Metode ini bermanfaat untuk menghindari waktu tidur yang terlalu panjang, yang dapat berakibat pada anak tidak merasa mengantuk di jam tidur berikutnya.

Itulah beberapa cara yang dapat AyBund lakukan untuk membantu bayi tidur lebih nyenyak di rumah. Menerapkan langkah-langkah di atas sejak dini tentunya akan sangat berguna untuk mendisiplinkan kebiasaan tidur anak di masa depan. Dari kebiasaan tidur yang nyenyak dan teratur, manfaat tidur lainnya untuk bayi akan berdampak positif pada kesehatannya.

Bagi AyBund yang memiliki pengalaman dengan bayi yang sering terbangun di malam hari, atau masalah tidur lainnya, AyBund dapat berbagi pengalaman AyBund atau bertanya di kolom komentar. Dr. Distyayu, Sp.A akan membantu AyBund menemukan solusi tidur terbaik untuk anak AyBund.

 


Foto: freepik

Sumber:

Referensi:

Fu X, Lovell AL, Braakhuis AJ, Mithen RF, Wall CR. (2021). “Type of Milk Feeding and Introduction to Complementary Foods in Relation to Infant Sleep: A Systematic Review”. Nutrients.


Posting Komentar

* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
  • A-
  • A+

Copyright © Centropedia All Rights Reserved.

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.