4 Pencapaian yang Bisa Dilakukan Bayi 8 Bulan

Pada umumnya, bayi 8 bulan juga sudah dapat mengucapkan beberapa kata sederhana, seperti “mama” atau “papa” meskipun kadang si kecil belum memahami.
Admin

 

4 Pencapaian yang Bisa Dilakukan Bayi 8 Bulan

Orang tua tentu merasa cemas jika perkembangan bayi mereka tampak tertinggal dibandingkan dengan anak seusianya. Misalnya, ketika bayi lain sudah bisa merangkak atau bahkan berdiri, si kecil mungkin masih belum bisa duduk tanpa bantuan orang lain.

Karena kurangnya informasi dan pengetahuan tentang perkembangan bayi, seringkali orang tua mengambil kesimpulan dan tindakan yang tidak tepat. Oleh karena itu, jika AyBund memiliki kekhawatiran tentang perkembangan anak, langkah yang paling tepat adalah memperluas informasi dari sumber yang dapat dipercaya dan berkonsultasi dengan dokter spesialis anak.

Sebagai sumber referensi terbaik dan terpercaya tentang ibu, bayi dan pengasuhan, kali ini kami akan membahas tentang perkembangan bayi 8 bulan. Pada usia 8 bulan, bayi biasanya memiliki banyak pencapaian yang signifikan dalam berbagai aspek seperti motorik, kognitif, sosial hingga bahasa.

Artikel ini juga akan menjelaskan beberapa tanda keterlambatan perkembangan yang perlu diwaspadai dan diamati. Selain itu, ada juga rekomendasi aktivitas yang dapat dilakukan untuk merangsang perkembangan bayi 8 bulan. Mari, kita mulai membahasnya satu per satu.

Perkembangan Bayi 8 Bulan

  1. Tepuk Tangan, Melambaikan Tangan, Menunjuk 

Pada usia ini, bayi biasanya sudah memiliki koordinasi tangan yang cukup baik sehingga mampu melakukan tepuk tangan, melambaikan tangan, dan menunjuk saat menginginkan sesuatu.

Namun, perlu dipahami bahwa tidak semua bayi bisa melakukan semua hal tersebut pada usia 8 bulan. Setiap bayi berkembang pada ritme yang berbeda-beda. Jika bayi belum bisa melakukannya pada usia 8 bulan, tidak perlu khawatir. Batas usia untuk tepuk tangan adalah 11 bulan, melambaikan tangan 14 bulan, dan menunjuk 12 bulan.

  1. Berdiri Sambil Berpegangan 

Sebagian besar bayi usia 8 bulan biasanya sudah mampu berdiri sambil berpegangan. Berdiri sambil berpegangan merupakan tanda awal bahwa bayi sedang dalam proses belajar berjalan. Pada tahap ini, bayi sedang mencoba memperkuat otot-otot kaki dan panggul agar nantinya si kecil bisa berjalan dengan stabil.

  1. Merangkak 

Jika bayi AyBund sudah bisa merangkak pada usia 8 bulan atau lebih awal, itu adalah tanda positif bahwa perkembangannya baik. Namun, jika si kecil belum mulai merangkak pada usia 8 bulan, tidak perlu dikhawatirkan asalkan tanda-tanda perkembangan motorik lainnya terlihat seperti duduk dengan stabil tanpa bantuan atau berguling dari posisi duduk ke posisi telentang dan sebaliknya. Harap diketahui juga, usia antara 7-11 bulan merupakan rentang waktu normal bagi bayi untuk belajar merangkak.

  1. Mengucapkan Papa Mama 

Pada usia 8 bulan, kemampuan berbahasa bayi biasanya semakin meningkat dan ditandai oleh sejumlah kemampuan seperti berikut ini:

Pada usia ini bayi biasanya dapat mengeluarkan berbagai macam suara, seperti mengoceh. Pada umumnya, bayi 8 bulan juga sudah dapat mengucapkan beberapa kata sederhana, seperti “mama” atau “papa” meskipun kadang si kecil belum memahami artinya.

Jenis-Jenis Permainan untuk Stimulasi Bayi 8 Bulan 

Memberikan stimulasi pada bayi sangat efektif untuk membantu perkembangan mereka. Sebab, stimulasi yang tepat dapat mempercepat perkembangan bayi dalam berbagai aspek perkembangan mulai dari kognitif, motorik, sosial, dan bahasa. Berikut ini adalah beberapa ide aktivitas yang bisa AyBund lakukan bersama si kecil untuk merangsang perkembangannya.

Bermain Petak Umpet 

Selain menjadi aktivitas yang menyenangkan, bermain petak umpet dapat mengembangkan kemampuan Object Permanence anak. Object Permanence adalah konsep pemahaman bahwa sebuah objek atau manusia dapat tetap ada meski kita tidak melihatnya. Ini merupakan milestone kognitif yang penting untuk dicapai si kecil. Bermain petak umpet juga terbukti mengasah kemampuan visual si kecil.

Permainan Merangkak 

Permainan ini dirancang untuk melatih bahu, lengan, dan koordinasi antara bagian kanan dan kiri tubuh bayi. Selain itu, bermain merangkak dapat merangsang kemampuan visual, peraba, dan proprioceptive bayi. Permainan ini dapat dilakukan dengan menempatkan bayi di ruangan di mana barang-barang favoritnya disimpan secara terpisah. Metode ini dapat merangsang bayi untuk merangkak dan mengambil barang-barang tersebut.

Membaca Buku 

Untuk merangsang kemampuan bahasa, membaca buku adalah salah satu aktivitas yang sangat dianjurkan. Saat membacakan buku, gunakan berbagai intonasi dan nada suara serta ekspresi wajah dan suara untuk berbagai karakter. Biarkan mereka juga menjelajahi buku untuk merangsang kemampuan motorik mereka.

 

 

 

Foto: Designed by freepik

Sumber:

https://www.babycenter.com/baby/month-by-month/8-month-old-baby-milestones-and-development_725

https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-8-month-old

Frankenburg WK, Dodds J, Archer P, Bresnick B, Maschka P, Edelman N, dkk. Denver II: training manual. Denver: Denver Developmental Materials, Inc, 1992.  

 


Posting Komentar

* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
  • A-
  • A+

Copyright © Centropedia All Rights Reserved.

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.