Hamil di Usia 40 Tahun: Manfaat, Risiko, dan Tips Berguna

Konsepsi selarut ini dapat memberikan lingkungan yang lebih stabil bagi anak Anda untuk tumbuh.
Admin
Pregnancy-At-Age-40-And-After-40-Everything-You-Need-To-Know

Beberapa wanita lebih memilih untuk merencanakan kehamilan mereka pada usia 40 tahun. Namun, banyak dari wanita tersebut mengkhawatirkan dampak buruk dari kehamilan yang terlambat pada kesehatan mereka dan bayi mereka.

Jika Anda juga berencana untuk hamil di usia 40 tahun tetapi ragu dengan keputusannya, Anda harus memahami bahwa seiring bertambahnya usia, kesuburan Anda semakin berkurang. Setelah mencapai usia 40-an, kualitas telur juga tidak tetap sama . Namun, ini tidak berarti bahwa kehamilan tidak mungkin terjadi pada usia 40 tahun. Diskusikan pilihan Anda dengan dokter Anda.

Artikel ini memberi Anda informasi tentang kelebihan dan kekurangan kehamilan akhir, mengapa kehamilan Anda berkurang seiring bertambahnya usia, dan tips meningkatkan tingkat keberhasilan konsepsi Anda.

Kemungkinan Hamil di Usia 40 Tahun

Itu tergantung pada seberapa jauh Anda memasuki usia 40-an. Di awal usia 40-an, peluang Anda untuk hamil sekitar 20 persen, dan itu tergantung pada siklus menstruasi Anda. Persentase tersebut semakin memburuk hingga 15 persen selama pertengahan 40-an.

Setelah 45 tahun, peluang Anda untuk hamil berkurang . Jumlah telur mulai berkurang pada usia ini dan tingkat kesuburan menurun. Berkurangnya kesuburan Anda tidak hanya bergantung pada jumlah telur tetapi juga pada kualitas telur.

Pada usia 40-an, sebagian besar sel telur yang dikeluarkan indung telur Anda tidak sehat sempurna dan cenderung memiliki kelainan kromosom. Kelainan pada telur Anda ini meningkatkan risiko keguguran dan cacat lahir yang lebih besar. Komplikasi seperti itu tampaknya lebih umum terjadi pada wanita yang lebih tua.

Keuntungan Hamil di Usia 40 Tahun

Meskipun tingkat kesuburan Anda menurun seiring bertambahnya usia Anda, ada manfaat tertentu yang terkait dengan memiliki bayi di usia 40-an:

1. Stabil Secara Finansial:

·         Salah satu manfaat terbesar memiliki bayi di usia 40-an adalah Anda stabil secara finansial untuk mengambil tanggung jawab penuh mereka.

·         Pada usia ini, karir Anda berkembang pesat dan Anda mencapai kondisi yang aman dan stabil sehingga Anda dapat menghidupi keluarga Anda dalam semua aspek kehidupan.

2. Membesarkan Anak di Lingkungan yang Positif:

·         Saat Anda mendapat kesempatan untuk menghabiskan waktu bertahun-tahun dengan pasangan hidup Anda, Anda mengenal satu sama lain dengan cara yang lebih baik. Ikatannya cukup kuat, dan keluarga menawarkan dasar yang kuat untuk mengasuh anak mereka.

·         Orang tua muda memiliki kecenderungan untuk bertengkar dan bertengkar, karena kondisi keuangan yang tidak stabil. Ini sering mengarah pada perceraian, yang dapat memengaruhi pikiran anak Anda.

3. Mengambil Keputusan Yang Matang Dan Bijaksana:

·         Sebagai individu yang matang, Anda akan memiliki kemampuan untuk membuat keputusan pengasuhan yang bijak untuk bayi Anda.

Kerugian Hamil di Usia 40-an

Ada komplikasi kesehatan dan kehamilan tertentu yang terkait dengan kehamilan setelah 40 tahun. Jika Anda hamil di usia yang lebih tua, lebih baik tetap dalam perawatan ekstra selama fase sensitif Anda .

Berikut adalah beberapa masalah kesehatan umum yang mungkin Anda hadapi selama kehamilan di usia 40-an:

1. Penyakit:

·         Ketika Anda hamil sebagai wanita di usia akhir 40-an, itu meningkatkan risiko Anda menderita berbagai penyakit kesehatan, yang meliputi diabetes gestasional , pre-eklampsia , solusio plasenta , tekanan darah tinggi dan plasenta praevia.

·         Selama usia 40-an, beberapa masalah umum yang Anda temui adalah menstruasi yang tidak teratur dan masalah kesuburan . Konsultasikan dengan dokter kandungan, karena ia meresepkan obat yang efektif untuk menyembuhkan gangguan menstruasi. Untuk masalah kesuburan, dokter kandungan Anda menyarankan Anda untuk mengunjungi dokter spesialis kesuburan.

2. Komplikasi Kehamilan:

·         Ada beberapa komplikasi kelahiran yang terkait dengan hamil di usia 40-an seperti operasi caesar , berat bayi lahir rendah, posisi bayi yang canggung, dan kelahiran prematur.

·         Pada usia 40-an, sel telur cenderung mengembangkan masalah kromosom tertentu yang menyebabkan keguguran dan bayi lahir dengan berat badan rendah.

Apa yang Menurunkan Kesuburan dengan Bertambahnya Usia?

Penelitian menyimpulkan bahwa sebagian besar wanita di atas 40 tahun menderita masalah terkait sel telur, yang merupakan penyebab utama ketidaksuburan. Dengan perawatan medis yang tepat dan pemulihan siklus ovarium, organ reproduksi wanita pada usia 40 tahun menjadi cukup kompeten untuk melahirkan kehamilan yang sehat. 

Selain itu, sekresi hormon menurun pada wanita di usia 40-an. Proses ovulasi normal secara substansial menurun, dan faktor tersebut menurunkan tingkat kesuburan pada wanita yang lebih tua.

Tips Bermanfaat untuk Meningkatkan Tingkat Keberhasilan Hamil di Usia 40 Tahun

Dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup, Anda dapat meningkatkan tingkat keberhasilan hamil di usia 40-an. Ikuti tips bermanfaat untuk mempersiapkan diri menghadapi kehamilan pada atau setelah usia 40 tahun:

1. Konsultasikan dengan Dokter Kandungan Berpengalaman:

·         Lebih baik tetap berhubungan dengan ginekolog berpengalaman, yang melakukan semua tes medis yang diperlukan untuk mendiagnosis kondisi kesuburan Anda.

·         Dokter memandu Anda melalui perawatan dan metode yang tepat, yang meningkatkan peluang Anda untuk hamil di usia 40-an.

·         Praktisi medis melakukan pemeriksaan rutin pada tubuh Anda yang biasanya terdiri dari pemeriksaan Pap smear dan panggul. Pemeriksaan memakan waktu sekitar 15-20 menit.

·         Tanyakan kepada dokter Anda tentang cara meningkatkan peluang Anda untuk hamil secara alami. Selalu lakukan percakapan terbuka dengan dokter dan beri tahu dia tentang riwayat kesehatan masa lalu Anda dan gaya hidup Anda saat ini.

·         Diskusikan dengan dokter jika Anda dapat terus minum obat apapun saat Anda mencoba untuk hamil. Jika dokter melarang Anda mengonsumsi obat-obatan atau suplemen herbal tertentu, ikuti sarannya dengan benar.

·         Dapatkan imunisasi seperti yang disarankan oleh dokter Anda. Dokter melakukan pemeriksaan kesehatan yang cermat dan merekomendasikan vaksinasi untuk penyakit berbahaya seperti rubella dan cacar air.

2. Mengatasi Masalah Kesehatan yang Ada:

·         Jika Anda memiliki masalah kesehatan yang kompleks, Anda perlu menangani kondisi tersebut sebelum hamil.

·         Jika Anda kelebihan berat badan, cobalah untuk menurunkan berat badan ekstra dengan mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga secara teratur.

·         Dapatkan obat yang efektif untuk setiap penyakit kesehatan kronis seperti tekanan darah tinggi atau penyakit tiroid .

·         Infeksi menular seksual mengurangi peluang Anda untuk hamil. Jadi beri tahu dokter Anda tentang ketidaknyamanan kesehatan Anda dan segera dapatkan pengobatan yang efektif untuk infeksi dan penyakit menular seksual.

·         Jika Anda sudah mengonsumsi obat apa pun untuk kondisi kronis, termasuk hipotiroidisme, dokter Anda menyarankan Anda menjalani tes darah sebelum mencoba untuk hamil. Jika tes menunjukkan bahwa levelnya terkendali, Anda aman untuk hamil. Namun, Anda harus menjalani pengujian berkala, dan dokter Anda mengubah dosis obat dari waktu ke waktu.

·         Adanya kompleksitas kesehatan menurunkan kemampuan Anda untuk hamil secara alami. Oleh karena itu, penting untuk memberi tahu dokter tentang semua penyakit dan kerumitan kesehatan Anda sebelumnya. Dokter menyarankan obat yang sesuai untuk mengatasi gangguan kesehatan tersebut.

3. Ikuti Rezim Sehat:

·         Jika Anda ingin meningkatkan tingkat kesuburan Anda, penting untuk melakukan perubahan gaya hidup dan tetap berpikir positif tentang kehidupan.

·         Cobalah untuk menghentikan kebiasaan merokok atau minum alkohol, karena hal itu menurunkan tingkat kesuburan.

·         Untuk mengurangi stres berlebih, Anda dapat mencoba melakukan olahraga sehat termasuk yoga, bersepeda, berenang, joging, dan bahkan berjalan kaki dalam rutinitas harian Anda.

·         Dapatkan banyak tidur, untuk membuat Anda segar kembali. Istirahat yang cukup menghilangkan racun berbahaya dari tubuh Anda dan membantu Anda menjalani kehidupan yang bebas stres.

·         Buat perubahan yang diperlukan dalam rencana diet Anda dan sertakan makanan bergizi dalam diet Anda. Anda bisa memasukkan sayuran segar, biji-bijian, dan makanan kaya folat seperti sayuran berdaun gelap, polong-polongan, dan buah jeruk ke dalam makanan Anda. Untuk meningkatkan asupan protein, tambahkan telur, produk susu, ikan, dan daging tanpa lemak.

4. Pertimbangkan Perawatan Kesuburan:

·         Menjadi sulit untuk hamil secara alami setelah usia 40 tahun, jadi Anda mungkin memerlukan perawatan kesuburan untuk meningkatkan tingkat keberhasilan Anda. Bicaralah dengan dokter Anda tentang beberapa obat penambah kesuburan atau pilihan pengobatan yang efektif.

·         Dokter Anda mungkin menyarankan asupan obat oral seperti clomiphene atau clomiphene citrate. Obat-obatan ini meningkatkan tingkat ovulasi dan tingkat keberhasilan pembuahan. Namun, penelitian menyimpulkan bahwa obat penambah kesuburan meningkatkan kemungkinan kehamilan ganda.

·         Dokter mungkin menyarankan Anda untuk melakukan suntikan hormonal Human Chorionic Gonadotropin (hCG) untuk meningkatkan tingkat kesuburan Anda. Tingkat kelahiran ganda biasanya lebih tinggi dengan perawatan semacam itu.

·         Jika sistem reproduksi Anda rusak, dan mengganggu proses pembuahan, dokter mungkin menyarankan prosedur pembedahan. Pembedahan membantu memperbaiki masalah dan meningkatkan peluang Anda untuk hamil.

5. Menjaga Berat Badan Yang Sehat:

·         Obesitas adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan infertilitas dan BMI yang lebih tinggi. Perubahan signifikan pada tingkat ovulasi normal biasanya terjadi karena BMI yang lebih tinggi.

·         Hindari diet ketat atau kelaparan, karena kekurangan gizi yang tinggi sangat menghambat sekresi hormon endokrin. Lakukan latihan yang sehat untuk menurunkan berat badan ekstra Anda.

·         Hindari asupan suplemen hormonal untuk menurunkan berat badan. Suplemen semacam itu sangat memengaruhi sekresi hormon perangsang folikel, yang menurunkan tingkat kesuburan.

·         Lakukan postur yoga penambah kesuburan secara teratur yang meningkatkan aliran darah yang efektif ke organ reproduksi wanita Anda.

6. Pertimbangkan Telur Donor:

·         Di usia ini, kemampuan Anda untuk hamil secara alami cukup rendah. Itulah mengapa ide bagus untuk mempertimbangkan sel telur donor jika Anda ingin hamil.

·         Peluang Anda untuk hamil dengan sel telur donor yang layak cukup tinggi.

·         Anda juga dapat memilih ibu pengganti dan memilih wanita yang sehat untuk menggendong bayi Anda. Pilihan ini menjadi populer akhir-akhir ini, dan tidak ada salahnya jika pasangan Anda mendukung keputusan Anda.

Pengobatan Rumahan untuk Meningkatkan Tingkat Keberhasilan Hamil di Usia 40-An

Berikut adalah beberapa pengobatan rumahan yang dapat membantu meningkatkan peluang Anda untuk hamil di usia 40-an:

·         Sangat penting untuk melacak siklus menstruasi Anda dan tetap mengetahui hari-hari subur Anda. Masa subur terletak pada hari ke-14 siklus haid Anda dan selama sepuluh hari berikutnya.

·         Pantau dan catat suhu tubuh basal Anda dan sering-seringlah melakukan hubungan seksual pada atau sekitar waktu ovulasi. Sedikit peningkatan suhu tubuh Anda menunjukkan bahwa Anda berhasil berovulasi, dan ini adalah waktu terbaik untuk melakukan hubungan seksual.

·         Gunakan alat prediksi ovulasi yang menunjukkan hari-hari ovulasi yang berhasil dan meningkatkan peluang Anda untuk hamil.

·         Pantau perubahan substansial dalam sekresi serviks Anda. Ini memungkinkan Anda untuk memahami apakah embrio berhasil ditanamkan di dalam rahim atau tidak.

·         Hindari melakukan aktivitas fisik yang berat terutama berlari, menaiki tangga dan mengangkat beban berat selama kursus.

·         Melakukan hubungan seksual dalam posisi yang berbeda meningkatkan peluang Anda untuk hamil pada usia 40 tahun. Posisi doggy sebagian besar lebih disukai untuk menghasilkan bayi karena sperma menembus jauh ke dalam.

·         Para ahli menyarankan bahwa memijat rahim dengan lembut membantu meningkatkan suplai darah dan meningkatkan perkembangan jaringan rahim yang sehat.

·         Pembersihan kesuburan membantu tubuh Anda membuang limbah beracun yang dilepaskan tubuh Anda selama proses metabolisme normal. Penghapusan limbah beracun meningkatkan peluang Anda untuk hamil.

Obat Herbal untuk Meningkatkan Kesuburan di Usia 40-an

Suplemen kesuburan bergizi yang sehat seperti ekstrak bawang putih segar, vitamin C, dan jus grapefruit membantu meningkatkan tingkat kesuburan di usia 40-an. Obat herbal memberikan efek samping yang lebih rendah pada tubuh Anda dibandingkan dengan agen farmakologis. Sebagian besar produk herbal mempromosikan suplai darah yang efektif ke organ reproduksi Anda, menstabilkan sekresi hormon kesuburan vital dan menjaga keseimbangan pH normal saluran genital wanita.

Berikut adalah beberapa obat herbal efektif yang membantu Anda hamil secara alami di usia 40-an:

·         Saw Palmetto: Ramuan bebas resep yang berguna biasanya tersedia dalam bentuk kapsul. Ini mempromosikan kesuburan yang sehat dengan mengobati ketidakteraturan menstruasi.

·         Unicorn Palsu: Adalah ramuan asli Amerika kuno yang secara efektif merawat wanita serta mengobati masalah ketidaksuburan. Ramuan ini bermanfaat bagi wanita dengan riwayat keguguran berulang.

·         Red Clover: Suplemen herbal membantu meningkatkan tingkat kesuburan wanita secara alami. Ramuan membantu untuk mengobati ketidakteraturan hormonal, mendetoksifikasi darah Anda dan memberikan vitamin penting untuk tubuh Anda.

·         Maca: Ramuan ini menandakan aksinya dengan meningkatkan dorongan seks dan manajemen yang efektif dari kompleksitas wanita seperti penyakit ovarium polikistik.

·         Vitex: Ini adalah salah satu pengobatan herbal populer yang membantu mengobati ketidakteraturan menstruasi, mengatasi kista ovarium, dan mengatur siklus ovulasi.

Hal Penting untuk Diingat

·         Minumlah banyak air karena membantu menjaga jaringan Anda tetap terhidrasi dan sehat. Air dengan mudah membuat nafsu makan Anda kenyang, mengurangi keinginan makan, dan mencegah Anda menambah berat badan berlebih. Sekresi hormon meningkat dan peluang Anda untuk hamil meningkat secara alami.

·         Tingkatkan asupan anti-oksidan dalam diet Anda. Unsur-unsur yang efektif menetralkan atau membunuh radikal bebas dan melindungi telur Anda dari segala kerusakan atau kompleksitas kromosom.

·         Stres, kecemasan, dan kekhawatiran menurunkan produksi hormon reproduksi wanita yang sehat dan membatasi suplai darah yang tepat ke organ reproduksi Anda. Cobalah untuk menjalani hidup bebas stres, berlatih yoga atau meditasi untuk meningkatkan peluang Anda hamil di usia 40 tahun secara alami. ( Image: ShutterStock )

Posting Komentar

* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
  • A-
  • A+

Copyright © Centropedia All Rights Reserved.

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.