Hamil 5 Minggu: Gejala, Perubahan Tubuh & Perkembangan Bayi

Pada usia kehamilan 5 minggu, Anda mungkin akan mengalami mual dan muntah; tahu apa yang diharapkan.
Admin
5-Weeks-Pregnant-Symptoms-Body-Changes-Baby-Development

Anda sudah memasuki bulan kedua kehamilan setelah melewati 5 minggu. Pada minggu ini, bayi Anda mengalami banyak perubahan dan perkembangan yang penting. Pertumbuhan bayi Anda sangat pesat dan organ-organ utama mulai terbentuk. Minggu ke-5 juga bisa menjadi waktu Anda menemukan bahwa Anda sedang hamil; selain itu, Anda bisa merasakan beberapa perubahan fisik dan emosional di akhir minggu ini.

Mari kita pelajari lebih lanjut tentang perubahan, gejala, perkembangan, tips, dan hal-hal penting yang harus Anda ketahui seputar minggu kelima kehamilan Anda.

Tubuh Anda Pada Minggu Kelima

Anda mungkin merasakan perubahan di perut Anda selama minggu ini, dan Anda mungkin menyadari bahwa Anda sudah hamil. Gejala pertama kehamilan adalah haid yang tidak datang. Jika Anda ingin melakukan tes kehamilan, minggu ini adalah waktu yang baik. Hormon Anda mungkin meningkat sekarang, membuat Anda merasa lemas, khawatir, atau emosional. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda mengenai perasaan Anda.

Gejala Kehamilan Selama Minggu Kelima

Hormon kehamilan yang naik dengan cepat dapat menimbulkan gejala kehamilan yang jelas selama minggu ini. Beberapa gejala yang mungkin muncul pada minggu ke-5 kehamilan adalah :

        Pendarahan atau bercak: Beberapa wanita mengalami pendarahan ringan atau bercak karena implantasi, yang terjadi enam hingga dua belas hari setelah pembuahan.

        Kelelahan: Anda mungkin merasa lelah tanpa alasan di awal kehamilan. Kebanyakan wanita merasa lelah di minggu kehamilan ini.

        Payudara terasa nyeri: Perubahan hormonal di awal kehamilan dapat membuat payudara terasa nyeri dan berat.

        Morning sickness: Anda mungkin merasa mual dan muntah selama seminggu. Morning sickness bisa datang kapan saja sepanjang hari.

        Mengidam: Perubahan hormon dapat membuat beberapa wanita tidak suka dan suka makanan tertentu selama kehamilan.

        Perubahan rasa: Hormon kehamilan dapat menyebabkan perubahan rasa. Beberapa wanita merasakan rasa logam yang ganjil selama kehamilan.

        Perubahan penciuman: Peningkatan indera penciuman adalah tanda awal kehamilan yang umum pada banyak wanita.

        Perubahan mood: Perubahan mood dan sakit kepala bisa dialami oleh beberapa wanita karena perubahan hormon. Ini bisa berlangsung selama beberapa minggu setelah pembuahan pada beberapa wanita, sementara yang lain bisa mengalaminya sepanjang kehamilan.

        Kembung: Gejala pencernaan seperti kembung, sembelit, dispepsia, atau mulas bisa dialami oleh beberapa wanita selama minggu-minggu pertama kehamilan.

        Sering kencing: Pertumbuhan rahim bisa menekan kandung kemih Anda; sehingga Anda mungkin merasa ingin kencing lebih sering.

        Keputihan: Beberapa wanita bisa mengalami keputihan encer dari vagina selama awal kehamilan. Namun, jika Anda mengalami keputihan berwarna, berbau tidak sedap disertai peradangan atau iritasi, Anda harus segera periksa ke dokter.

Gejala kehamilan pada minggu kelima bisa berbeda-beda, dantiap wanita bisa memiliki gejala yang berbeda dalam kehamilannya. Namun,jika Anda merasa gejalanya semakin parah seiring waktu, sebaiknya andacepat-cepat ke dokter.

Perkembangan Bayi Pada Usia Lima Minggu

Bayi Anda, yang sekarang disebut embrio , tertanam di dalam rahim dan dilindungi oleh kantung ketuban . Si kecil mengalami pertumbuhan yang pesat, dan sebagian besar organ mulai terbentuk pada periode ini. Perkembangan utama lainnya pada bayi Anda selama minggu ini adalah:

        Ukuran bayi Anda minggu ini sangat kecil, kurang dari ¼ inci (sekitar 2-3mm ), dan sebesar biji wijen.

        Jantung kecil bayi Anda mulai berdenyut. Sistem sirkulasi darah terbentuk, dan darah mulai mengalir ke seluruh tubuh bayi.

        Pembentukan tabung saraf dimulai. Nantinya, otak, sumsum tulang belakang , dan saraf utama akan terbentuk melalui pembelahan sel yang cepat.

        Pembentukan sistem pernapasan dimulai, dengan paru-paru kiri dan kanan mulai terbentuk.

        Hati embrio mulai memproduksi sel darah, dan ini adalah hematopoiesis pertama di dalam embrio.

        Organ pencernaan (usus, pankreas, lambung, kerongkongan) mulai terbentuk.

        Organ kelamin dan ginjal juga terbentuk.

        Produksi hormon pertumbuhan dimulai dengan pembentukan sistem endokrin .

        Perkembangan besar lainnya yang terjadi selama minggu ini adalah pada mata, anggota gerak , dan jari .

Deteksi Kembar Pada Minggu Kelima

Jika Anda menggunakan teknologi reproduksi berbantuan (ART) atau berusia lanjut saat hamil, Anda bisa meningkatkan kemungkinan untuk hamil anak kembar atau kembar . Anda mungkin mendapatkan hasil positif pada tes kehamilan di rumah sedikit lebih cepat (sekitar sepuluh hari setelah pembuahan) karena kadar hormon hCG (human chorionic gonadotropin) yang tinggi selama kehamilan ganda .

Namun, cara terbaik untuk mengetahui kehamilan kembar adalah dengan melakukan pemeriksaan ultrasonografi, yang biasanya direkomendasikan oleh dokter setelah minggu ke-10 kehamilan . Namun, jika Anda hamil kembar, Anda mungkin membutuhkan pemeriksaan, pemeriksaan, dan perawatan prenatal yang lebih sering untuk mencegah risiko komplikasi.

Daftar Periksa Anda Untuk Minggu Ke-5 Kehamilan

Minggu ke-5 adalah fase awal dan sensitif kehamilan. Oleh karena itu, Anda harus merawat diri sendiri untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan optimal bayi Anda. Berikut adalah beberapa tips yang harus Anda ikuti pada minggu ke-5 Anda untuk menjalani kehamilan yang sehat .

1.    Buat janji dengan dokter

Jika Anda telah memastikan kehamilan Anda dengan alat tes rumahan, Anda mungkin harus mengunjungi dokter, yang mungkin menyarankan Anda untuk melakukan tes darah. Selain itu, mereka akan melakukan pemeriksaan awal untuk mengecek tekanan darah dan berat badan Anda serta menanyakan tentang riwayat kesehatan Anda, alergi sebelumnya, dan daftar obat-obatan. Mereka mungkin memberi tahu Anda tentang diet yang sesuai, obat-obatan (jika perlu), dan suplemen untuk mulai dikonsumsi.

2.    Hindari merokok dan minum alkohol

Hentikan kebiasaan yang buruk seperti minum alkohol, obat-obatan, atau merokok untuk mencegah risiko kehamilan dan hasil janin yang buruk. Anda juga harus membatasi asupan kafein sekitar 200 miligram per hari .

3.    Jaga hidrasi yang baik dan diet sehat

Ikuti rencana diet sehat yang berisi buah-buahan, sereal, sayuran, kacang-kacangan, dan susu. Hindari makanan yang digoreng, berlemak, dan asin untuk menghindari kenaikan berat badan kehamilan berlebih dan mencegah risiko komplikasi. Juga, pastikan untuk tetap terhidrasi selama kehamilan Anda.

4.    Konsumsi vitamin prenatal sesuai jadwal

Jika selama ini Anda disarankan untuk mengonsumsi vitamin prenatal (seperti vitamin D, kalsium, dan asam folat), pastikan Anda mengonsumsinya tepat waktu untuk mendukung perkembangan janin yang sehat. Jika Anda mengonsumsi suplemen apa pun sebelum hamil, beri tahu dokter Anda karena mereka mungkin menyarankan perubahan dosis.

5.    Pilih rutinitas olahraga yang aman

Tetap aktif secara fisik sangat penting untuk kehamilan yang sehat. Jalan kaki sepuluh menit setiap hari adalah cara terbaik untuk memulai. Pada saat yang sama, Anda harus mendengarkan tubuh Anda dan memilih rutinitas olahraga yang tepat dan aman setelah berkonsultasi dengan dokter.

6.    Istirahat yang cukup

Karena Anda berada di tahap awal kehamilan, Anda mungkin merasa lelah karena perubahan fisik yang mendadak. Oleh karena itu, hindari melakukan aktivitas berat dan istirahat yang cukup.

7.    Atur stres secara memadai

Karena Anda baru saja memulai perjalanan kehamilan baru, Anda mungkin memiliki kecemasan dan kekhawatiran. Namun, hindari stres sendirian dan diskusikan dengan pasangan, keluarga, dan teman Anda, dan jangan ragu untuk mencari bantuan profesional jika perlu.

8.    Rencanakan untuk mengumumkan berita

Jika Anda sangat senang melihat tes kehamilan positif dan mengonfirmasi kehamilan Anda dengan dokter, Anda dapat mulai merencanakan bagaimana dan kapan mengumumkan berita luar biasa ini kepada teman dan keluarga Anda.

USG Pada 5 Minggu

Sebagian besar dokter menyarankan agar Anda menunggu sampai setidaknya minggu keenam sebelum pemeriksaan kehamilan pertama Anda. Ini karena bagian janin Anda hampir tidak terlihat sebelum enam minggu . Namun, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa pemeriksaan awal (biasanya transvaginal) bisa dianjurkan dalam beberapa kasus jika seorang wanita memiliki riwayat medis komplikasi terkait kehamilan atau gejala yang dilaporkan, seperti sakit atau pendarahan, pada awal kehamilan.

Kapan Mencari Perawatan Medis Segera Pada 5 Minggu

Anda bisa mengunjungi dokter Anda pada minggu kelima untuk memastikan kehamilan Anda. Namun, gejala dan komplikasi tertentu mungkin memerlukan perhatian medis segera pada awal kehamilan .

        Pendarahan vagina yang bertambah: Meskipun bercak atau pendarahan ringan bisa menjadi gejala biasa selama awal kehamilan, pendarahan vagina yang bertambah atau terus-menerus harus diperiksa karena bisa menandakan beberapa komplikasi yang mendasarinya seperti keguguran dan kehamilan ektopik.

        Kram atau sakit perut yang hebat: Beberapa wanita mungkin mengalami kram ringan yang biasanya hilang seiring waktu. Namun, jika Anda mengalami kram hebat atau sakit perut bagian bawah, disertai keluarnya cairan atau pendarahan, itu bisa merupakan tanda keguguran, infeksi, atau kehamilan ektopik .

        Muntah berlebihan: Meskipun mual dan muntah adalah gejala khas kehamilan awal, dalam beberapa kasus, muntah bisa menjadi parah dan terus-menerus, memerlukan intervensi medis. Hubungi dokter Anda jika Anda mengalami muntah beberapa kali karena, jika tidak ditangani, hal itu bisa menyebabkan dehidrasi dan komplikasi lainnya. ( Gambar: Shutterstock )

Posting Komentar

* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.