Yang Perlu Dilakukan Ketika Si Kecil Sulit Berteman

Admin

 

Belajar-Bersosialisasi

Sebagai orang tua, sudah pasti akan sangat senang apabila Si Kecil tumbuh menjadi anak yang mudah untuk bersosialisasi dan memiliki banyak teman ya, Bunda. Akan tetapi bagaimana jika Si Kecil justru lebih suka menyendiri dan sulit untuk berinteraksi dengan teman-temannya? Jadi apa yang harus dilakukan?

Ada beberapa langkah yang bisa  dilakukan ketika Si Kecil mengalami kesulitan untuk berteman dengan anak-anak lain:

1. Cari tahu penyebabnya

Hal pertama yang harus di ketahui adalah alasan Si Kecil begitu sulit untuk berteman. Ajak Si Kecil untuk mengobrol dari hati ke hati guna mengetahui penyebabnya. Apabila  karakter anak memang tertutup dan lebih suka menyendiri, maka Bunda perlu memberi pengertian bahwasanya ia tidak bisa hidup sendiri tanpa bersosialiasi. Kemudian berikan waktu pada Si Kecil untuk mulai belajar bersosialisasi dengan teman-temannya.

Jika penyebab anak sulit berteman dikarenakan ia lebih suka bermain di rumah dengan gadgetnya, maka Bunda perlu untuk membatasi waktu penggunaan alat tersebut. Ajak Si Kecil lebih sering untuk berinteraksi dengan teman sebayanya, sehingga ia akan mengetahui bahwa bermain dengan anak lain tak kalah menyenangkan.

2. Ajari anak untuk berpikir

Apabila Si Kecil tidak memiliki teman, maka Bunda bisa mengajarinya untuk berpikir mengapa ia harus menghadapi situasi semacam itu. Bunda juga perlu mengajarkan kepada anak untuk memiliki empati terhadap orang lain dan belajar untuk mengoreksi dirinya sendiri. Dengan begitu, Si Kecil bisa akan bisa bersikap lebih baik dan diterima oleh teman-temannya.

3. Mendampingi, bukan menghakimi

Apabila Si Kecil sudah mulai terbuka dengan apa yang dirasakan, maka Bunda cukup menjadi pendengar yang baik. Memberikan nasihat dan membantu Si Kecil untuk mencari jalan keluar. Jangan pernah menghakimi Si Kecil karena justru akan membuatnya jadi merasa takut, tidak percaya diri, dan akan semakin sulit untuk bersosialisasi dengan anak yang lain.

4. Introspeksi

Pada sebagian kasus, apabila Si Kecil tidak suka berinteraksi dengan teman-temannya hal itu dikarenakan pola asuh yang kurang tepat ketika di rumah. Bisa jadi Si Kecil suka asyik dengan gadget miliknya  dikarenakan Bunda dan Dads  memiliki kebiasaan yang sama sewaktu rumah. Jika demikian, maka Bunda dan Dads sangat perlu untuk melakukan introspeksi diri guna memberikan contoh yang baik terhadap Si Kecil. Mau bagaimana pun juga, anak-anak akan  selalu  belajar dengan mencontoh dan melihat apa yang dilakukan oleh orang-orang dewasa di lingkungannya.

 

Posting Komentar

* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.