8 Cara Alami untuk Meningkatkan Kesuburan

Admin

 

Testpack-dengan-hasil-positif

Buat pasangan yang belum memiliki momongan ataupun yang sedang mendambakan kehamilan, meningkatkan kesuburan sangat penting untuk dijadikan fokus utama. Bunda barangkali sudah sering mendengar adanya obat kesuburan yang dipercaya bisa membantu agar cepat hamil. Namun, kenapa harus memakai obat kesuburan jika ada cara alami yang bisa digunakan untuk meningkatkan kesuburan suami istri? Menggunakan cara alami tentu saja akan lebih aman, tidak membahayakan, dan tidak memiliki efek samping bagi kesehatan kan, Bunda.

Yuk, disimak berikut cara alami untuk meningkatkan kesuburan  ya bunda.

1. Mengonsumsi makanan dengan kandungan tinggi antioksidan

Antioksidan lebih banyak terdapat dalam folat dan zinc, dan menurut Healthline keduanya dipercaya mampu membantu meningkatkan kesuburan, lho. Makanan dengan tinggi antioksidan dapat membasmi radikal-radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak kesehatan sperma maupun sel telur. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada 232 wanita, terdapat fakta bahwa semakin banyak mengonsumsi folat, maka akan semakin tinggi pula angka implantasi, kehamilan klinis, serta kelahiran bayi.

Contoh makanan dengan kandungan tinggi antioksidan adalah brokoli, bayam, wortel, kentang, alpukat, kubis, ubi, labu, kale, Strawberry, blueberry, darkchocolate, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Mengurangi konsumsi Karbohidrat

PCOS merupakan satu dari banyak masalah kesehatan yang bisa menyebabkan infertilitas. Akan tetapi jangan patah semangat, Bunda. Meskipun menderita  PCOS masih ada kesempatan dengan cara mengurangi konsumsi karbohidrat untuk meningkatkan peluang hamil. Melakukan diet rendah karbohidrat bisa untuk membantu menjaga berat badan tetap ideal, mengurangi kadar insulin dalam tubuh, dapat memicu penurunan lemak dalam tubuh, serta  menjaga siklus menstruasi.

3. Mengurangi Konsumsi Nasi Putih

Sebaiknya mengurangi konsumsi segala jenis karbohidrat sederhana (refined carbs) seperti nasi putih, roti putih, dan pasta. Jenis karbohidrat ini diserap dengan cepat oleh tubuh dan menyebabkan meroketnya kadar insulin serta gula darah. Secara kimiawi Insulin mirip dengan hormon ovarium yang membantu pematangan sel telur. Dengan naiknya insulin akan dapat mengurangi hormon-hormon penting dalam reproduksi yang dapat mengganggu proses pematangan sel telur.

4. Melakukan olahraga secara Rutin

Berolahraga secara rutin akan dapat  membantu meningkatkan kesuburan wanita lho, Bunda. Mengutip Healthline Parenthood menyebutkan bahwa dengan berolahraga secara rutin dapat mengurangi infertilitas hingga 5 persen. Dengan Olahraga juga akan memicu munculnya hormon-hormon cinta yang akan membuat lebih kebal menghadapi stres.

Aktivitas olahraga sederhana seperti secara rutin lari pagi 30 menit sehari juga ampuh. Untuk lebih pastinya, bisa konsultasi jenis dan durasi olahraga yang tepat dengan dokter Anda ya, Bunda.

5. Menjaga berat badan tetap ideal

Peluang untuk hamil akan meningkat apabila Bunda menjaga berat badan tetap ideal. Mengutip WebMD, menyebutkan bahwa kelebihan berat badan dapat menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur atau bahkan bisa tidak terjadi ovulasi sama sekali.

“Dengan mengurangi berat badan sedikit saja akan bisa meningkatkan fertilitas serta dapat mengurangi risiko gangguan kesehatan selama kehamilan,” ujar dokter Amelia McLennan, Maternal Fetal Medicine Spesialist di UC Davis Medical Center, pada WebMD.

6. Melakukan Akupunktur

Metode ini lebih dikenal sebagai terapi tusuk jarum. Bukan hanya sekedar mitos saja, akupunktur memang terbukti efektif dapat membantu dalam menyukseskan program hamil Anda, lho. “ Hasil dari berbagai penelitian, menyebutkan bahwa program bayi tabung dengan rentang di bawah usia 30 tahun itu angka keberhasilannya 33 persen, akan tetapi dengan adanya pendampingan akupunktur angka ini bisa meningkat sampai dengan 65 persen,” jelas dr. Athia Asparini, Sp.Ak - Dokter Spesialis Akupunktur Medik yang berpraktek di Klinik Bamed Meruya dan Bintaro.

7. Selamat tinggal Stress

Pada saat kadar stres meningkat, maka kesempatan untuk hamil juga akan menurun. Sudah banyak penelitian yang mengaitkan stres dengan fertilitas, dan disebutkan bahwa dengan meningkatnya hormon stres akan dapat menyebabkan infertilitas.

Terkadang stres memang sangat sulit untuk dihindari. Maka dari itu apabila Anda merasa mulai tertekan, tidak ada  salahnya untuk mencari bantuan profesional seperti psikolog atau psikiater. Memperbanyak  me time, menjauhi lingkungan toxic, meningkatkan positive thinking, dan juga nikmati setiap keindahan yang hadir di hadapan Anda.

8. Jangan lupa konsumsi multivitamin

Ternyata mengonsumsi multivitamin dapat mengurangi risiko infertilitas terkait ovulasi lho, Bunda. Mengutip Healthline, ada sekitar 20 persen infertilitas terkait ovulasi dapat  dihindari apabila wanita mengonsumsi 3 ataupun lebih multivitamin per minggu. Kandungan Mikronutrien yang terdapat pada vitamin memiliki peran penting dalam meningkatkan kesuburan. Dan selalu pastikan multivitamin pilihan Anda sudah mengandung folat ya, Bunda.

 

Posting Komentar

* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.