Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Panduan Lengkap Fase Program Hamil Hari ke 6

| September 06, 2023 WIB

Promil 6

Cek Kondisi Tubuh Melalui Medical Check Up

Program hamil hari keenam, apakah sudah siap menjaga gaya hidup, makanan, dan kesehatan tubuh dengan konsisten? Ketiga hal ini sangat berpengaruh pada kesuburan dan kehamilan.

Konsisten menjaga gaya hidup, makanan, dan kesehatan tubuh berarti mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Ikuti gaya hidup sehat dan saran dokter untuk mendukung program hamil.

Hindari gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan minum alkohol. Kedua hal ini bisa mengganggu kehamilan dan janin. Jangan lupa juga untuk menghitung kalender kesuburan.

Hal-Hal yang Perlu Dilakukan

·         Mengonsumsi Multivitamin dan Asam Folat

Multivitamin dan asam folat adalah nutrisi penting untuk program hamil. Multivitamin akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan. Asam folat akan membantu perkembangan janin dan mencegah cacat tabung saraf seperti spina bifida. Konsumsi multivitamin dan asam folat setiap hari yang bisa didapatkan dari suplemen atau makanan.

·         Mengonsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat dan gizi seimbang akan mendukung keberhasilan program hamil. Pilih makanan yang kaya akan protein, serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Hindari makanan siap saji dan makanan proses yang memiliki gizi yang tidak seimbang.

·         Hindari Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan minum alkohol adalah musuh bagi program hamil. Rokok dan alkohol bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan janin, keguguran, bayi lahir prematur, atau cacat lahir. Jadi, hindari paparan asap rokok dan minum alkohol sebelum memulai program hamil.

Hal-Hal yang Baik Dilakukan

·         Melakukan Medical Check-up

Melakukan medical check-up tahunan akan membantu mengatasi masalah kesehatan sebelum menjadi parah. Saat bersiap untuk hamil, ini sangat penting. Dokter akan memeriksa dan mungkin melakukan pemeriksaan darah untuk memeriksa kadar kolesterol dan banyak lagi.

Tanda-Tanda Ovulasi

·         Keluar Lendir/Mukus dari Vagina

Lendir atau mukus menjadi lebih bersih dan tipis, konsistensi licin seperti putih telur. Ini bisa menjadi tanda ovulasi.

·         Indra Penciuman Meningkat

Bagi sebagian wanita, indra penciuman yang lebih sensitif di paruh kedua siklus menstruasi normal dan ini bisa menjadi tanda ovulasi.

Program Hamil Hari ke-6, selain konsumsi makanan yang sehat dengan gizi seimbang, perlu tahu kondisi kesehatan fisik melalui medical check-up umum. Jangan lupa minum multivitamin dan asam folat.