Perkembangan Kehamilan Trimester Pertama pada Minggu ke 1 hingga 4

 

Wanita-dengan-papan-kehamilan

Apakah Anda sudah memperoleh hasil tes kehamilan positif? Sudah pasti Anda dan suami sangat gembira sekali. Selamat ya! Untuk yang baru pertama kali mengalami kehamilan, pastinya ingin tahu lebih jelas tentang apa yang akan Anda alami selanjutnya.

Pada waktu awal bulan kehamilan di minggu ke 1-4 mungkin saja tidak merasakan adanya perubahan pada diri Anda. Hal tersebut dikarenakan kehamilan baru disadari dari hasil tes kehamilan. Walaupun begitu, ternyata tes kehamilan baru bisa diketahui ketika sudah memasuki minggu ke empat atau pada kehamilan trimester pertama. Bagi Anda yang penasaran dengan yang terjadi pada kurun waktu 1-4 minggu tersebut, mari simak ulasan berikut ini.

Beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Pada Tahap Kehamilan Minggu Ke 1 – 4

1. Keluarnya Hormon Estrogen Dan Luteinizing Hormon

Pada saat dua minggu sebelum sel telur dibuahi oleh sperma, tubuh Anda sudah mulai mempersiapkan diri. Rahim Anda juga akan mulai melepaskan lapisan dindingnya dan juga hormon estrogen yang merangsang keluarnya sel telur baru. Dengan mulai diproduksinya hormon estrogen, Hormon LH (Luteinizing Hormon) juga akan ikut diproduksi untuk menghasilkan sel telur di ovarium Anda dalam kurun waktu 24 - 36 jam ke depan.

2. Sel Telur Siap Untuk Dibuahi

Sel telur yang keluar dari ovarium merupakan sel telur yang siap untuk dibuahi. Dalam kurun waktu 7 – 10 hari sel telur ini apabila dipertemukan dengan sel sperma akan menjadi bakal janin. Apabila sel sperma yang didapat dari proses hubungan badan masuk, lalu bertemu dan membuahi sel telur maka bisa dipastikan Anda akan hamil. Oleh karena itulah pada masa ini merupakan masa yang dikenal sebagai masa paling subur dan tepat untuk merencanakan kehamilan.

3. Perpindahan Sel Telur Menuju Rahim

Kemudian setelah sel telur tersebut sudah dibuahi selanjutnya akan melakukan perjalanan yang cukup lama. Akan memerlukan waktu kurang lebih selama 2 minggu, sel telur yang sudah dibuahi akan bergerak perlahan dari tuba Fallopi untuk menuju rahim Anda. Ketika sudah  mencapai rahim, sel telur tersebut selanjutnya akan menggali dan menempel pada dinding rahim. Ketika sel telur sudah menempel ke dinding rahim, proses perkembangan janin pun akan dimulai.

4. Sel Jenis Kelamin Sudah Mulai Terbentuk

Pada saat memasuki bulan pertama kehamilan atau awal kehamilan trimester pertama, sebenarnya jenis kelamin janin sudah bisa ditentukan. Karena secara genetik sel khusus penentu jenis kelamin sudah mulai dikembangkan. Namun tentu saja belum bisa dilihat ataupun memastikan jenis kelamin buah hati Anda melalui USG pada tahap kehamilan ini. Sel khusus tersebut nantinya akan berkembang menjadi tulang, organ, otot, rambut, dan juga kulit dari buah hati Anda.

5. Terbentuknya  Kantung Ketuban dan Organ Ari – Ari

Walaupun pada akhir bulan pertama ini ukuran embrio janin hanya seukuran biji bunga poppy, beberapa organ kehamilan lainnya juga akan mengalami perkembangan. Organ yang ikut mengalami perkembangan yaitu Ari-Ari, yang merupakan organ yang berfungsi sebagai penyalur makanan dan oksigen untuk janin. Selain Ari-Ari organ lainnya yang berkembang yaitu kantung ketuban , yang merupakan bantalan pelindung bayi berupa membran tipis berisi  makanan dan  cairan di dalam rahim Anda.

6. Gejala Dan Perubahan Yang Terjadi

Pada umumnya hampir semua wanita ketika memasuki tahap bulan pertama tidak mengetahui bahwa dirinya hamil. Dan biasanya baru diketahui setelah menggunakan alat tes kehamilan ketika mencapai minggu keempat kehamilan. Akan tetapi setelah sel telur dibuahi, sering kali mengalami gejala yang menyerupai gejala sebelum datang bulan (PMS), yakni mudah marah, merasa mual dan juga mengalami kram perut.

7. Persiapan Melakukan Diet Kehamilan

Tidak ada salahnya apabila mengonsumsi suplemen untuk ibu hamil, karena kandungan Folic Acidnya bisa membantu untuk mengurangi risiko kerusakan pertumbuhan otak dan tulang belakang janin. Apabila sudah mengetahui bahwa hasil alat tes kehamilan menunjukkan tanda positif, maka segera datangi dokter kandungan untuk memperoleh info mengenai apa yang harus dilakukan.

Dapat dikatakan bahwa pada bulan pertama kehamilan ini, proses dan gejala kehamilan masih belum begitu terlihat. Hal tersebut dikarenakan janin belum menunjukkan perkembangan yang signifikan. Meskipun demikian, apabila sudah merencanakan kehamilan sejak awal akan lebih baik jika bersiap dengan menjaga pola makan dan aktivitas. ( CP/Mr.W/foto: Pexels.com )

Posting Komentar

Posting Komentar

* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.